Selasa, 20 April 2010

WARGA KEMBARAN WETAN INGIN BENDUNG SLINGA CEPAT TERWUJUD

PURBALINGGA - Warga desa Kembaran Wetan kecamatan Kaligondang menginginkan percepatan pembanganan Bendung Slinga, pasalnya di desa Kembaran Wetan terdapat 80 hektar tanah pertanian dan yang memanfaatkan aliran air dari bendung tersebut 70 hektar, sedangkan 10 hektar merupakan sawah tadah hujan.

Kades Kembaran Wetan Sumarno mengatakan, warga petani di desanya sangat mengaharapakan bendung slinga segera terwujud meskipun sampai saat ini belum ada kepastian.

Ditambahkan Sumarno, menghadapi beroperasinya Bendung Slinga pihaknya minta pihak terkait untuk memperbaiki tanggul irigasi. Selama ini lahan persawahan di Kembaran Wetan mampu dipanen 6 kwintal per 100 ubin atau 42 kwintall per hektar.

Selama ini masyarakat di Kembaran Wetan mengaliri lahan sawahnya dari sungai Klawing dengan cara disedot. Sistem ini dirasa mahal karena membutuhkan biaya operasional berupa solar. Pompa air ini merupakan bantuan dari Subdin Pengairan Pemerintah kabupaten Purbalingga, sedangkan tenaga dan solar merupakan swadaya para petani.(Dian-RSP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar