Kamis, 25 Februari 2010

BLM Program ND Sampai Hari Ini Belum Pasti

BLM PROGRAM ND SAMPAI HARI INI BELUM PASTI

PURBALINGGA - Rencana pemerintah pusat berupa Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) ND senilai Rp. 1 miliar per desa/kelurahan sampai hari ini belum jelas. Padahal semua desa/kelurahan di kecamatan Purbalingga akan menerima dana tersebut, kecuali kelurahan Bojong.

Camat Purbalingga Yani Sutrisno didampingi Kasi Pembangunan Sugiarti mengatakan, dana tersebut dikelola langsung oleh masyarakat seperti PNPM. Sehingga pemerintah kecamatan hanya selaku penanggungjawab operasional kegiatan (PJOK). Sampai hari ini program ND masih dalam tahap sosialisasi.

Meski demikian, sampai hari ini belum ada dana cair, pasalnya koordinator kota (korkot) yang ditunjuk juga belum mendapat undangan dari pusat guna mengikuti pelatihan.
Program ND merupakan program pusat yang bertujuan untuk memberdayakan serta menggali potensi masyarakat. Dalam pengelolaannya, dana tersebut akan dimanfaatkan untuk membuat sebuah produk unggulan potensi desa setempat.
Dimana pengelolaan dari perencanaan, proses produksi dan pemasaran dikelola langsung oleh kelompok tersebut.

Yani Sutrisno berharap, dana tersebut segera cair sehingga potensi yang ada di tiap desa/kelurahan dapat segera dimunculkan, yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga.(Umang-RSP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar