Kamis, 06 Mei 2010

BUPATI TRIYONO TARGETKAN MOW TERBANYAK

PURBALINGGA - Di sisa akhir jabatannya, Bupati Purbalingga Triyono Budi Sasongko berobsesi memecahkan rekor MURI melalui Peserta KB Metode Operasi Wanita (MOW) terbanyak di Indonesia. Bupati menantang para penyuluh, kader kesehatan, termasuk dari TNI untuk merealisasikannya.

Bupati Purbalingga Triyono Budi Sasongko saat Pencanangan Bhakti Sosial TN I KB – Kesehatan Terpadu 2010 di Pendopo Dipokusumo, pagi tadi, berharap pemecahan rekor MURI tersebut dapat dilaksanakan awal atau pertengahan Juli. 

Menurut Bupati Triyono, untuk dapat memecahkan rekor ini, harus terkumpul peserta yang memenuhi syarat sebanyak minimal 400 wanita. Sebab, pada rekor MOW terbanyak sebelumnya, MURI mencatat terbanyak 400 wanita.

Dalam sambutannya, Bupati Triyono menyebutkan pentingnya menggenjot program KB setelah selama satu dasar warsa terakhir, KB kurang mendapat porsi memadai karena perubahan kewenangan penanganan dari pemerintah pusat ke pemerintah kabupaten.

Menurut Bupati Triyono, apa yang disampaikan sangat beralasan. Sebab, kerja keras pemerintah dalam menggalakkan KB selama 39 tahun, baru terlihat hasilnya dari Survei Penduduk Antar Sensus (Supas) tahun 2008. Sejak dicanangkan pemerintah sebagai salah satu prioritas program pembangunan pada tahun 1970, program KB mampu menekan Total Fertility Rate (TFR) lebih dari setengah dari kondisi pada awal program.
Jika pada tahun 1970 lalu TFR masih sebesar 5,6 anak, maka kini sudah turun menjadi 2,6 per ibu.


Penurunan TFR ini telah menyebabkan laju pertumbuhan penduduk turun dari 2,3 per tahun menjadi 1,39 persen pada saat sekarang. TFR sendiri merupakan jumlah rata-rata anak yang dilahirkan oleh seorang Wanita Usia Subur (WUS) selama masa suburnya. Targetnya, tahun 2011 TFR mencapai 2,00 sehingga tercapai laju pertumbuhan penduduk di bawah 0,9%.

Usai pembukaan Bhakti Sosial TNI KH – Kesehatan ini, Bupati bersama anggota Muspida lainnya meninjau pelaksanaan KB MOP (Metode Operasi Pria) yang diikuti sekitar 40 bapak di Graha Srikandi. Kegiatan ini menjadi satu rangkaian dengan pelaksanaan MOW dengan peserta sebanyak 200-an ibu di Gedung KORPRI. (Umang-RSP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar