Jumat, 09 April 2010

DISPERTANHUT SIAPKAN BENIH PADI UNTUK PETANI

PURBALINGGA - Para petani di kabupaten Purbalingga diminta tidak mendadak dalam mengusulkan kebutuhan benih dari dinas. Benih tersebut saat ini sudah dapat disalurkan dengan jumlah bergantung usulan petani. Petani dapat mengusulkan ke Dinas pertanian setempat atau ke PT Pertani.

Kepala Dinas Pertanian Purbalingga, Ir Lily Purwati, mengatakan, untuk musim tanam kedua ini, Purbalingga mendapatkan jatah benih padi hibrida dan non hibrida dengan total untuk luasan 10 ribu hektar sawah. Benih tersebut terbagi dalam 2 ribu hektar untuk jenis hibrid dan 8 ribu lainnya non hibrid.

Saat ini sudah ada beberapa kelompok tani yang mengusulkan dan sebagian lagi belum masuk. Kelompok tani dihimbau segera mengusulkan pengajuan bantuan benih. Karena musim kemarau kali mundur satu dasarian.


Dituturkan Lili Purwati untuk benih non hibrid, setiap kelompok tani mendapatkan 625 kg. Untuk hibrid mendapatkan 230 kg dan setiap petani menerima 25 kg.

PIhaknya juga mengingatkan para petani untuk menggunakan pupuk dan irigasi dengan wajar. Selain efektif dan efisien, berpengaruh kepada hasil yang diperoleh nantinya. (Umang-RSP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar