Kamis, 15 April 2010

2010 PURBALINGGA DIUSULKAN MENJADI KABUPATEN PENGGERAK KOPERASI

PURBALINGGA - Tahun 2010 sedikitnya 11 kabupaten/kota di Jawa Tengah akan diusulkan menjadi kabupaten Penggerak Koperasi. Dan kabupaten Purbalingga salah satu kabupaten yang berpotensi mendapat predikat tersebut. Selama ini kabupaten Purbalingga telah mampu mengembangkan koperasi sehingga dapat menyentuh UKM dan sektor ril dapat terus meningkat. Saat ini koperasi di Purbalingga berjumlah 224 tersebar di beberapa desa dan kecamatan.

Kasi Pengendalian dan Pengawasan pada Disperindagkop Purbalingga Sri Mulyati SH, Sip menuturkan, ada tiga aspek yang memenuhi syarat sebagai kabupaten penggerak koperasi yakni pengembangan kinerja koperasi,menpunyai koperesi aktif menimal 75 % dari jumlah yang ada, perhatian pemerintah daerah dalam pembinaan kopersi.

Ditambahkan Sri Mulyati, pada tahun 2009 yang lalu ada 7 kabupaten/kota  yang berpredikat menjadi penggerak kopersi, sedang tahun 2010 ada 11 kabupaten/kota yang akan dinilai menjadi kabupaten/kota berpredikat penggerak koperasi.


Dijelaskan Sri Mulyati, saat ini Pemkab melalui Disperindagkop telah melakukan persiapan untuk penilaian tersebut yakni melakukan study banding ke kabupaten Cilacap, membentuk Tim Persiapan, mencari Referensi pendukung terkait pemberdayaan koperasi dan melakukan pembenahan profil koperasi dan dokumentasi foto foto kegiatan. 

Penilaian predikat kabupaten/kota pengerak koperasi dari Provinsi akan dilaksanakan pada bulan Mei – Juni 2010, sedangkan kejuaraan akan diumumkan pada hari koperasi 12 Juli 2010 yang akan datang. (Dian-RSP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar