Sabtu, 06 Maret 2010

Ramaikan SEGAMAS, Digelar Festival Ebeg dan Lomba Mewarnai

PURBALINGGA - Pemkab Purbalingga terus berupaya meningkatkan jumlah kunjungan ke pasar Segamas. Salah satunya dengan menggelar berbagai even di komplek pasar baru itu. Harapannya, pengunjung yang datang berbelanja dipasar dan penghasilan pedagang akan terdongkrak, sehingga  kesejahteraan mereka segera membaik.

Dalam sebuah kesempatan Bupati mengatakan, sebenarnya yang paling dibutuhkan pedagang adalah bagaimana dagangannya laku. Dagangan laku itu sangat tergantung dari jumlah pengunjung. Karenanya, pemkab mencoba menfasilitasi dengan menghimbau masyarakat menggelar kegiatan atau even di Pasar Segamas.

Even pertama yang akan dilakukan dalam bulan Maret ini berupa Festival Ebeg dan Lomba Mewarnai. Bupati secara khusus menunjuk Dewan Kesenian Purbalingga untuk menjadi pengelola kegiatan (event organizer) rangkaian acara tersebut.

Ketua Dewan Kesenian Purbalingga (DKP) Haryono Sukiran membenarkan pihaknya ditunjuk langsung oleh Bupati untuk membuat kegiatan kesenian di Pasar Segamas. Menurut Haryono pihaknya memilih Festival Ebeg, selain sebagai upaya nguri-uri budaya tradisional, karena ebeg juga masih diminati oleh masyarakat Purbalingga secara luas.

DKP juga membidik segmen anak-anak dengan menggelar Lomba Mewarnai. Dengan kegiatan anak-anak, orang tuanya minimal ibunya akan ikut serta. Haryono berasumsi, para ibu biasanya suka belanja dan anak-anak suka jajan. Sehingga kehadiran mereka di pasar akan memperbesar peluang meningkatkan jumlah pengunjung yang berbelanja di Pasar Segamas.

Rencananya, Festival Ebeg akan dilaksanakan Selasa-Rabu, 23-24 Maret 2010. Sehari setelahnya, pada Kamis 25 Maret 2010, dilanjutkan Lomba Mewarnai Untuk anak TK. Kedua ajang lomba tersebut pendaftarannya dipusatkan di Radio Suara Perwira, Kompleks Pendopo Cahyana Rumah Jabatan Wakil Bupati Purbalingga. (Hr-RSP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar