Jumat, 12 Februari 2010

Warga Gembong Manfaatkan PKD

WARGA GEMBONG MEMANFAATKAN KEBERADAAN PKD

Purbalingga - Sejak berdirinya Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) tahun 2007 lalu di desa Gembong kecamatan Bojongsari, masyarakat mulai peduli dengan kesehatan. PKD desa Gembong saat ini melayani kesehatan tidak saja bagi Ibu dan Anak, namun warga masyarakat umum juga memanfaatkannya.
Bidan Desa Gembong Septi Novitasari menuturkan, Sejak tahun 2007 lalu PKD menempati gedung PKK desa Gembong, namun pada tahun 2008 gedung tersebut secara resmi digunakan untuk PKD. Keberadaan PKD di desa Gembong sangat membantu masyarakat dalam pelayanan kesehatan.
Ditambahkan Septi Novitsari, warga masyarakat saat ini merasakan palayanan kesehatan dari PKD. Selain memberikan pelayanan kesehatan, PKD juga memberikan penyuluhan tentang Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) dan melaksanakan Rapat Kordinasi kesehatan dan KB bagi para Kader Posyandu. Kegiatan tersebut dilaksananakan setiap tanggal 5 tiap bulan.
Dijelaskan Septi, PKD tiap harinya membuka pelayanan dari pukul 08.00 – 14.00 Wib, sedangkan pelayanan imunisasi bagi Bayi dan Balita setiap tanggal 12 tiap bulan.
Memasuki tahun 2010, PKD desa Gembong telah memberikan pelayanan kesehatan bagi Bayi 45, Balita 150, dan Lansia 92 orang. Sedangkan pelayanan KB yang digemari warga Gembong yakni Suntik 20, Implan 10 dan IUD 8 aseptor. Pihaknya berharap dengan adanya PKD ini dapat memberikan pelayanan kesehatan secara prima, dan masyarakat tidak takut untuk berobat ke PKD.(Dian/RSP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar