Sabtu, 06 Februari 2010

Posyandu Melati I Penaruban Siap Dinilai Propinsi

POSYANDU DESA PENARUBAN SIAP DINILAI TIM PROPINSI

Menghadapi penilaian dari tingkat propinsi Jawa Tengah, Posyandu Melati I desa Penaruban kecamatan Bukateja saat ini tengah berbenah baik secara fisik maupun non fisik. Rencananya penilaian oleh Tim dari Provinsi dilaksanakan 19 Pebruari mendatang.

Kades Penaruban Achmad Mudakir mengatakan, persiapan yang dilakukan meliputi penyiapan SDM kader posyandu agar lebih menguasai materi tentang keposyanduan, meliputi administrasi, penimbangan bayi, imunisasi, penyuluhan kesehatan Ibu dan anak.Selain itu pembenahan fisik gedung Posyandu, Posyandu Lansia, Pos PAUD dan Bina Keluarga Balita.
Ditambahkan Achmad Mudakir, dalam melakukan pembinaan pihaknya bekerjasama dengan Pemkab Purbalingga dan jajaran dinas terkait.

Kepala Bapermas Purbalingga Imam Wahyudi membenarkan, pihaknya terus melakukan pembinaan terhadap Posyandu Melati I, agar posyandu yang mewakili kabupaten Purbalingga mampu menjadi yang terbaik di tingkat Jawa Tengah. Pada Sabtu (06/02), pihaknya melaksanakan Rapat Kordinasi (Rakor) yang diikuti  oleh dinas terkait meliputi Bappeda, BKBPP, DKK, LH, UPT Puskesmas Kutawis, PKK dan Kepala Desa Penaruban. Tujuannya untuk mengevaluasi kesiapan desa Penaruban, dalam menghadapi penilaian dari Provinsi 19 Pebruari mendatang.
Menurut Imam Wahyudi, evaluasi dititikberatkan terhadap kinerja para kader, meliputi kelengkapan data kondisi ibu dan balita, Posyandu Lansia, BKB, BKR, Sarana dan prasarana pendukung, kesiapan Pos PAUD dan kelengkapannya serta Tanaman Obat Keluarga (Toga).

Rakor yang berlangsung di balai desa setempat menyimpulkan, kegiatan Posyandu Melati I di desa Penaruban Bukateja telah berjalan baik. Namun demikian agar dapat lebih maksimal dalam menghadapai penilaian, pada 8 – 10 Pebruari mendatang, akan dilaksanakan pelatihan bagi para Kader Posyandu bersama Tim Penggerak PKK kabupaten Purbalingga.(Dian/RSP).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar