Selasa, 26 Januari 2010

WARGA KRANGEAN BANGUN SARANA AIR BERSIH

WARGA KRANGEAN BANGUN SARANA AIR BERSIH

PURBALINGGA - Sedikitnya 6.000 warga Desa Krangean Kecamatan Kertanegara, kini bisa menikmati sarana air bersih. Sebelumnya warga harus mencari air bersih ke Sungai Kuning yang jaraknya cukup jauh. sedang warga lainnya mencari air bersih dengan menyambung selang plastik ratusan meter. Sarana air bersih yang dibangun warga difasilitasi pemerintah melalui program Penyediaan Air Minum berbasis Masyarakat.
Wakil Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko, Msi saat meresmikan sarana air bersih Pamsimas Senin (25/1) meminta kepada warga masyarakat untuk menjaga jaringan air bersih yang telah dibangun bersama antara pemerintah dan masyarakat.
Kepala Desa Krangean, Sumaryo di sela-sela peresmian mengatakan, dengan adanya program air bersih melalui Pamsimas, warga merasa sangat bersyukur karena kini tidak lagi mencari air bersih dari tempat yang jauh. Sumaryo juga merasa senang karena sekarang hampir seluruh warganya dapat menikmati air bersih baik untuk kebutuhan mandi, mencuci, minum dan keperluan keluarga lainya.
Dituturkan sumaryo, pengelolaan sarana Pamsimas akan ditangani oleh Badan Pengelola Air Bersih yang bertugas menjaga fasilitas dan kelangsungan penggunaan air bersih. Badan pengelola ini dibentuk dari warga desa yang akan menjamin keberlanjutan distribusi pemanfaatan air bersih.
Di Purbalingga, program Pamsimas tahun 2009 tersebar di 15 desa pada enam kecamatan. Program ini memanfaatkan sedikitnya 25 mata air dengan debit antara 2 liter/detik hingga 10 liter/detik. Dijelaskan Distrik Program Management Unit (DPMU) Pamsimas Silas Rumanti Sabarati, ST khusus program Pamsimas desa Krangean memanfaatkan mata air Kali Kuning dengan debit 4 lt/detik. (Hr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar