Rabu, 13 Januari 2010

Lintas Perwira 13 Jan 2010

PESERTA JPKM 2010 BARU 30 %, PESERTA JAMKESMAS DIVERIFIKASI.

PURBALINGGA - Target kepesertaan Jaminan Pelayanan Kesehatan Masyarakat (JPKM) 2010 yakni 50.000 KK, namun saat ini baru mencapai 15.000 KK atau setara dengan 30 %. Pra Bapel JPKM kebupaten Purbalingga saat ini masih terus berupaya agar target kepesertaan JPKM 2010 dapat terpenuhi.
Ketua Penyelenggara JPKM dr. Sutanto mengatakan, sampai hari ini Pihaknya masih menunggu rekap dari kecamatan. Laporan dari Kordinator JPKM di Puskesmas di tiap tiap kecamatan, banyak warga masyarakat yang belum mendaftar menjadi peserta JPKM.
Kepesertaan JPKM tahun 2009 yang lalu juga terjadi penurunan peserta hingga 20 %, pasalnya banyak warga yang ikut menjadi peserta Jamkesmas yang tidak tepat sasaran.
Dikatakan Sutanto,dalam minggu ini para peserta Jamkesmas di kabupaten Purbalingga akan di verifikasi. Pasalnya pada tahun 2009 yang lalu, peserta Jamkesmas mencapai 240.000 dan ditengarai banyak yang salah sasaran. Sehingga memasuki tahun 2010 ini, Pemkab Purbalingga melakukan pendataan ulang bagi warga miskin, untuk menentukan siapa saja yang berhak menjadi peserta Jamkesmas.
Pihaknya memperkirakan peserta Jamkesmas yang tidak masuk dalam kreteria mencapai angka 30 %.Setelah verifikasi, diharapkan warga yang tidak lolos dapat menjadi peserta JPKM 2010. Petugas yang akan melakukan verifikasi adalah kader kader JPKM maupun kader kesehatan desa.
Sutanto berharap masyarakat Purbalingga yang tidak lolos verifikasi keluarga miskin dapat menerima dengan “legowo”. Sehingga harapannya program Jamkesmas d kabupaten Purbalingga menjadi tepat guna dan tepat sasaran.
Selain itu, Sutanto meminta para Kader ditingkat desa maupun kecamatan untuk bisa lebih giat lagi merekut peserta JPKM dan kepada warga masyarakat Purbalingga yang belum terdaftar menjadi peserta JPKM untuk segera mendaftar, baik ke kader kesehatan desa, Puskesmas maupun langsung ke Pra Bapel JPKM Purbalingga.
Pendaftaran JPKM 2010 untuk Strata II dikenai biaya Rp. 60.000 per KK/tahun dan Strata III sebesar Rp. 120.000 per KK/tahun atau sama dengan tahun 2009. Untuk menampung warga yang belum terdaftar, Pemkab memperpanjang pendaftaran JPKM hingga 28 Pebruari 2010.

Copyright@DianRSP


SERAYU KARANGANYAR MENDAPAT BANTUAN GUBERNUR Rp. 100 JUTA.

PURBALINGGA - Desa Serayu Karanganyar kecamatan Mrebet mendapat bantuan dari propinsi Jawa Tengah senilai Rp. 100 juta. Bantuan tersebut merupakan program Bantuan Desa Berkembang dan diperuntukan bagi pengembangan usaha kecil.
Kades Serayu Karanganyar Karsono menuturkan, bantuan tersebut langsung diberikan bagi kelompok masyarakat.Pihak desa menyerahkan sepenuhnya penggunaan dana kepada kelompok penerima. Dari tiga kelompok penerima masing-masing mendapatkan Rp. 22 juta 500 ribu, yang dimanfaatkan untuk pengembangan usaha bidang pertanian, peternakan dan perikanan.
Sementara Supardi, sekretaris kelompok ternak Mulia desa Serayu Karanganyar membenarkan pihaknya menerima bantuan senilai Rp. 22 juta lebih yang dipergunakan untuk pengadaan kambing. Supardi berharap melalui bantuan tersebut akan mampu meningkatkan perekonomian warga.
Dikatakan kades Karsono, dana tersebut diberikan kepada kelompok dalam bentuk uang, sehingga kelompok yang merencanakan dan sekaligus pengadaan barang.
Untuk kelompok ternak, dibelikan kambing sedangkan perikanan dibelikan benih melem dan bidang pertanian untuk pengembangan cabe dan padi.

Copyright@UmangRSP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar