Selasa, 04 Mei 2010

Hari Pertama UASBN Lancar, 16 Siswa Tak Hadir.

PURBALINGGA - Pelaksanaan Ujian Akhir Nasional Berstandar Nasional (UASBN) SD/MI/SDLB, hari ini Selasa (4/5) dapat dilaksanakan dengan lancar tanpa adanya kendala yang berarti. Dari jumlah peserta UASBN sebanyak 15.744 siswa, hadir 15.728 siswa, sehingga hanya ada 16 siswa yang tidak mengikuti ujian.
 
Ketua Penyelenggara UN/UASBN Dinas Pendidikan kabupaten Purbalingga, Subeno SE mengatakan, Di kabupaten Purbalingga UASBN 2009/2010 diikuti 15.744 siswa. Jumlah itu tersebar di 609 sekolah penyelenggara. Masing-masing SD 467 sekolah, MI 141 sekolah dan SDLB satu sekolah pemyelenggara.

Selama tiga hari (4-6/5) mereka akan mengerjakan 3 mata pelajaran. Yakni hari pertama Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika dan hari ketiga Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Masing-masing harus ditempuh dalam waktu 120 menit setiap hari. Para siswa juga dibatasi maksimal 20 orang setiap ruang ujian.

Berbeda dengan UN SLTP dan SLTA, untuk UASBN tidak menggunakan pengawas dari tim pemantau independen (TPI).  Masing- masing guru sekolah selain guru kelas 6 telah disilang untuk pengawasan ujian. Jadi tetap ada pengawasan yang memadai meskipun tanpa TPI itu.

Sementara terkait kelulusan siswa, akan didasarkan pada sidang internal setiap sekolah. Yaitu dengan didasarkan pada nilai rata-rata kelulusan dan nilai ujian terendah. Jadi tidak bisa ditargetkan secara keseluruhan. Sangat variatif dan yang menentukan kelulusan adalah sekolah penyelenggara.(Hr-RSP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar