Selasa, 04 Mei 2010

BAHASA INGGRIS PENENTU KETIDAKLULUSAN

PURBALINGGA - Bahasa Inggris sebagai salah satu maple yang diujikan, termasuk maple yang ditakuti siswa, setelah maple matematika. Bahkan kedudukan Bahasa Inggris menggantikan maple Matematika sebagai “pembunuh” yang menentukan ketidaklulusan siswa.

Guru Mapel Bahasa Inggris SMPN 2 Bukateja Aman Sukoco mengatakan, meski matematika masih menempati ranking tertinggi penentu ketidaklulusan, namun nilai matematika dalam UN banyak yang mendapatkan point 10. berbeda dengan bahasa Inggris yang sampai saat ini sangat sulit, mendapatkan nilai 10 dalam UN.

Di SMPN 2 Bukateja dalam tahun ajaran lalu, dari 26 yang dinyatakan tidak lulus UN, 19 diantaranya disebabkan nilai maple bahasa Inggris.


Dijelaskan Aman Sukoco, untuk mendapatkan nilai UN bahasa Inggris memerlukan usaha yang sungguh-sungguh dan harus menambah jam pelajaran tambahan.

Dituturkan Aman Sukoco, selama ini maple Matematika dan Bahasa Inggris menjadi momok dan seringkali menjadi penentu kelulusan siswa, namun seiring kemajuan jaman, Bahasa Inggris menjadi penentu utama kelulusan siswa.

Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bahasa Inggris, Aman Sukoco menerapkan strategi berupa penambahan jam pelajaran dengan melakukan les maupun ektra, memberikan tugas-tugas rumah, menyusun tugas dan melaporkannya ke sekolah. (Umang-RSP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar