Senin, 22 Maret 2010

13 GRUP KUDA LUMPING RAMAIKAN SEGAMAS

PURBALAINGA - Sebanyak 13 grup kuda lumping, dipastikan meramaikan pasar Segamas selama dua hari,  23 – 24 Maret. Mereka akan mengikuti Festival Ebeg yang diselenggarakan Dewan Kesenian Kabupaten (DKP) Purbalingga. Festival itu diselenggarakan di Segamas menyusul himbauan Bupati Purbalingga agar pasar terbesar di jawa Tengah Selatan tersebut di jadikan lokasi berbagai event. Tujuannya agar masyarakat datang ke Pasar dan berbelanja di pasar itu.
Ketua DKP Haryono Sukiran mengatakan sedianya festival hanya diperuntukan bagi grup lokal Purbalingga, namun untuk menampung minat daerah lain akhirnya dibuka untuk grup se eks. Karesidenan banyumas. Sampai saat dilaksanakan tehnikal meeting Senin siang (22/3) jumlah peserta yang terdaftar 13 grup terdiri 12 grup mewakili 12 kecamatan di Purbalingga dan satu grup dari Banyumas. Enam kecamatan lainya masih ditunggu keikutsertaanya sampai Senin malam.
Sesuai hasil teknikal meeting lomba dilaksanakan dua hari,  dimulai pukul 10.00 hingga 14.00 WIB. Masing-masing peserta akan tampil maksimal 15 menit dan tidak diperbolehkan mendem. Untuk enam penyaji terbaik, panitia menyiapkan Tropy, Piagam dan uang pembinaan total Rp. 3 juta. 
Selain Festival ebeg, DKP juga menyelenggarakan Lomba Mewarnai untuk TK/RA/BA se kabupaten Purbalingga. Lomba ini juga dilaksanakan di pasar Segamas pada Kamis 25 maret lusa. Pendaftaran lomba mewarnai Rp. 5 ribu per anak dan akan ditutup 24 Maret 2010. Pendaftaran dilayani di Radio Suara Perwira atau langsung di Sekretariat Lomba Kios Pasar Segamas.(Hr-RSP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar